div id='fb-root'/>

Kamis, 28 April 2011

Belajar Tentang Jepang!!!

Pasti sering dengar kan tentang orang Jepang yg sering melakukan "Hanami"? dan juga masih banyak perayaan Jepang lainnya! nah itu akan di bahas di sini! :D

nah, sebelum kita ketahui budaya2 Jepang, kita harus tau dulu tentang yang namanya "Jepang".

1. Jepang itu apa dan seperti apa?
Jepang merupakan Negara yang di juluki Negara matahari dan Negara bunga. Karena di Negara jepang mayoritas beragama Shinto yang menyembah matahari sehingga disebut Negara matahari, sedangkan julukan Negara bunga sakura di berikan karena banyak bunga sakura yang tumbuh si tanah jepang, bahkan untuk menyambut musim semi sakura orang jepang mempunyai suatu tradisi, yaitu biasa disebut perayaan hanami (perayaan melihat mekarnya bunga) sebagai symbol kebahagiaan karena datangnya musim semi, di mana di saat itu bunga sakura mekar dengan cantiknya. Di setiap budayanya mempunyai arti tersendiri. Dari zaman Jomon sampai zaman Hesei sekarang, orang Jepang mampu melestarikan kebudayaannya sendiri.

Berikut macam2 budaya di Jepang.
1. Perayaan Hanami
2. Samurai 
3. Shogun (Sei-i Taishougun)


Perayaan Hanami
Hanami (Hana wo Miru = Melihat bunga) atau Ohanami adalah tradisi jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga Sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagian telah tibanya musim semi. Hanami juga berarti piknik (makan-makan) bersama keluarga/teman/kerabat di bawah pohon Sakura yang mekar. layaknya pesta kebun. perayaan Hanami ini biasanya di lakukan akhir Maret sampai awal April. Melody jadi pengen ke Jepang melihat Hanami. >.<


Samurai
istilah Samurai ( 侍 ), pada awalnya mengacu kepada “seseorang yang mengabdi kepada bangsawan”. Pada zaman Nara, (710 – 784), istilah ini diucapkan Saburau dan kemudian menjadi Saburai. Selain itu terdapat pula istilah lain yang mengacu kepada samurai yakni Bushi. Istilah Bushi ( 武 士 ) yang berarti “orang yang dipersenjatai/kaum militer”, pertama kali muncul di dalam Shoku Nihongi (  続 ), pada catatan itu tertulis “secara umum, rakyat dan pejuang (Bushi) adalah harta negara”. Kemudian istilah samurai dan bushi menjadi sinonim pada akhir abad ke-12 (zaman Kamakura).

Shogun (Sei-i Taishougun)
Shogun ( 将 軍 )adalah istilah bahasa Jepang yang berarti Jenderal. Dalam konteks sejarah Jepang, bila disebut pejabat Shogun maka yang dimaksudkan adalah Sei-i Taishougun (征夷大将軍) yang berarti Panglima Tertinggi Pasukan Ekspedisi melawan Orang Biadab. Sei-i Taishougun merupakan salah satu jabatan jendral yang di buat di luar sistem Taihou Ritsuryou. Jabatan Sei-i Taishōgun dihapus sejak Restorasi Meiji. Walaupun demikian, dalam bahasa Jepang, istilah shōgun yang berarti jenderal dalam kemiliteran tetap digunakan hingga sekarang.

Baju Tradisional Jepang 
Baju tradisional Jepang adalah Kimono, Kimono di bagi menjadi 2 macam yaitu Kimono wanita dan kimono pria. Kimono wanita pun masih di bagi oleh beberapa macam antara lain:

1. Kurotomesode: kimono paling formal dan biasanya di pakai wanita yang sudah menikah.
2. Irotomesode: kimono yang di pakai oleh wanita dewasa yang sudah menikah/belum menikah untuk menghadiri acara formal 
3. Furisode: adalah kimono paling formal untuk wanita muda yang belum menikah.
4. Homongi: adalah kimono formal untuk wanita, sudah menikah atau belum menikah.
5. Iromuji: adalah Kimono semiformal, tapi bisa di jadikan formal jika Iromuji tersebut memiliki lambang keluarga (Kamon)
6.Tsukesage: Tsukesage adalah kimono semiformal untuk wanita yang sudah atau belum menikah.

7. Komon: Komon adalah kimono santai untuk wanita yang sudah atau belum menikah.
8. Tsumugi: adalah kimono santai untuk dikenakan sehari-hari di rumah oleh wanita yang sudah atau belum menikah. 
9.Adalah kimono nonformal yang dipakai pria dan wanita pada musim panas. seperti melihar kembang api, matsuri (ennichi), atau menari pada perayaan obon. 

sedangkan, kimono pria di bagi 2 yaitu kimono formal dan kimono santai. 
1. Kimono formal: yaitu berupa setelan montsuki dengan hakama dan haori. 
2. Kimono santai (kinagashi): yaitu kimono yang di pakai sebagai pakaian sehari-hari.

nah ini gambar penutup! inilah gambar saat acara hanami.
nah, gimana? jadi lebih tau kan tentang Jepang? ok deh sekian kita pelajari tentang Jepang, artikel berikutnya mungkin tentang Kota2 yang paling terkenal di Jepang ya~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

♪Melody's Playlist♪